Blog ini terkait tentang semua khas nusantara, mulai dari kuliner, budaya, permainan, tradisi, dan lain-lain.

Mengenal Tarian Dolo Asal NTT

;
Kata Dolo bermula dari kata dola merupakan paduan nada dari “do” dan “la” dalam sistem solmisasi, digunakan sebagai standar bunyi untuk menyampaikan syair (pantun). 
Asal usul tarian dolo ialah sebuah perkembangan dari tarian banama yang merupakan tarian yang lebih tua. kebudayaan seni tari ini berasal dari Flores Timur dan Lembata berada di provinsi NTT terletak diujung timur pulau Flores. Masyarakat di Flores Timur dan Lembata menyebut dirinya sebagai orang Lamaholot.
Tari dolo menjadi sebuah tempat perjumpaan untuk membangun persahabatan, termasuk untuk menemukan jodoh terutama pada kalangan anak muda yang cukup populer di Flores Timur, Lamaholot, Adonara, Solor dan Alor.
Ciri khas dari tarian dolo yaitu Lamaholot, yang menjadi sebuah bahasa asli dari Flores Timur. Tarian dolo selalu ditampilkan dengan nyanyian dolo, dikategorikan sebagai tarian massal yang dapat diikuti oleh semua kalangan termasuk muda-mudi baik perempuan atau laki-laki, bahkan keduanya. 

Nilai dan Makna Filosofis Tarian Dolo
Nilai-nilai dalam tarian dolo mempunyai makna persahabatan, saling menghormati, kerukunan. Tarian dolo dimainkan secara bersama-sama melibatkan banyak orang dengan membentuk sebuah lingkaran dan masing-masing orang saling menautkan jari kelingking. Para peserta tari dolo akan saling mengeluarkan pantun atau syair yang saling berbalasan.
Permainan tarian dolo ini akan selesai jika sudah tidak peserta yang mampu membalas pantun, yang dinyanyikan oleh peserta lainnya. Namun, jika masih bisa berbalas pantun pertunjukan tarian ini belum berakhir.

Busana dan Tata Rias Tari Dolo
Tata rias dan busana yang dikenakan para penari dolo, untuk penari perempuan busana yang dikenakan menggunakan kain songket dan membawa tas dari jerami. Sedangkan penari pria juga mengenakan kain songket, topi terbuat dari kain songket, selendang yang diselempangkan secara serong.

Gerakan Tari Dolo
Pertunjukan tari dolo ditampilkan dalam acara syukuran atas panen. Gerak tari dolo dengan mengerakan kaki secara cepat yang menghasilkan syncope pada ketukan dan musik berirama 2/4 dengan diiringi gendang (gong).





Next Posting Lama
Mengenal Tarian Dolo Asal NTT