Blog ini terkait tentang semua khas nusantara, mulai dari kuliner, budaya, permainan, tradisi, dan lain-lain.

Mengenal Permainan Petak Umpet

;
Petak Umpet adalah permainan di mana para pemain berusaha bersembunyi sedangkan seorang pemain berusaha mencari dan menemukan mereka. Permainan ini cukup biasa, tetapi variasi-variasi yang berbeda juga telah berkembang selama bertahun-tahun. atau permaian ini sering disebut sejenis permainan cari dan sembunyi yang bisa dimainkan oleh minimal 2 orang yang umumnya berada di luar ruang.  Permainan tradisional ini mengasah ketelitian dan kepekaan anak.
petak umpet mempunyai nama berbeda, sesuai dengan bahasa di negara masing-masing. Misalnya el escondite (Spanyol), jeude chache cheche (Prancis), Machboim (Israel), Sumbaggoggil (Korea Selatan), Hide and Seek (Inggris). Begitu juga dengan di Indonesia, nama permainan Petak Umpet juga berbeda di setiap daerahnya. Misalnya di Sunda dikenal dengan Ucing Sumput, di Jawa Jepungan/Jethungan dan masih banyak lagi.

Teknik permainan 
  1. Gambreng atau Hompimpa, anak yang kalah menjadi Pencari (sering diistilahkan dengan "Kucing"). Ia menutup mata sambil bersender ke tiang/dinding sebagai “benteng” dan menghitung 1 sampai 10. Anak-anak lain cepat-cepat bersembunyi.
  2. Pada hitungan ke-10, Pencari membuka mata dan mencari teman-temannya. Setiap menemukan persembunyian seorang teman, Pencari meneriakkan nama teman itu lalu lari ke benteng untuk menepuk benteng sambil berkata “hong!”
  3. Kalau ada satu anak yang bisa mendahului Pencari untuk menepuk benteng dan berteriak “hong!”, artinya anak-anak menang dan Pencari kalah. Pencari harus menutup mata kembali sambil bersender ke tiang/dinding, dan permainan diulang dari awal.
  4. Kalau tidak anak yang bisa melakukan “hong”, maka Pencari menang. Anak yang ditemukan pertama kali, gantian menjadi Pencari. 
Permainan Petak Umpety bisa melatih anak 
  1. beradu kecerdasan, 
  2. beradu kecermatan, 
  3. beradu kejelian. 
  4. Anak-anak dilatih berpikir mencari tempat yang tepat untuk bersembunyi dan cara bersembunyi untuk menghindar dari orang mencarinya. 
  5. Anak bisa belajar bersosialisasi
  6. Anak menjadi lebih aktif
  7. Membuat anak menjadi kreatif
  8. Melatih anak patuh pada aturan
  9. Belajar berdiskusi akan suatu masalah
  10. Melatih sportivitas anak
  11. Belajar berhitung. 





Mengenal Permainan Petak Umpet