Blog ini terkait tentang semua khas nusantara, mulai dari kuliner, budaya, permainan, tradisi, dan lain-lain.

Mengnal Tari Rentak Bulian

;
Salah satu budaya melayu yang ada di Indragir Hulu adalah Tari Rentak Bulian. Tari Rentak Bulian adalah salah satu seni terkemuka dari Kabupaten Indragiri Hulu. Rentak Bulian merupakan ritual pengobatan, dimana diambil dari Kata Rentak dan Bulian. Rentak yang maksudnya merentak atau melangkah, dan Bulian adalah tempat singgah mahluk bunian atau mahluk halus dalam bahasa daerah Indragiri Hulu.. Tari Rentak Bulian adalah salah satu cara pengobatan yang berasal dari Suku Talang Mamak,Indragiri Hulu.Rentak Bulian ini berasal dari kata Rentak dan Bulian,Rentak artinya merentak ata melangkah,sedangkan Bulian adalah tempat singgah makhluk Bunian atau makhluk halus dalam bahasa Indragiri Hulu. Tarian Rentak Bulian ini sangat kental dengan unsur magis. Tarian ini menggambarkan bagaimana cara orang setempat untuk mengobati orang sakit dengan menggunakan mantra-mantra yang dipimpin oleh seorang dukun dan dayang-dayang wanita.

Ritual tari rentak bulian
  1. Penari adalah terdiri dari delapan orang muda yaitu 7 ( tujuh ) perawan dara yang cantik dan molek tidak sedang kotor (bersih dari haid), serta 1 ( satu ) orang pemuda gagah perkasa yang baligh
  2. Hapal benar gerak dan laku tari
  3. Setiap penari tak ada yang berdekatan bertalian darah
  4. Seluruh penari mendapat izin tetua adat kampung
  5. Sebelum menari, penari sudah diasapi dengan gaharu
  6. Alat musik harus di keramati
  7. Mayang pinang terpilih mudanya serta perapian tak boleh di mantera

Acara ritual tari ini dilakukan sebelum pertunjukan tari. Apabila ritual tari ini diindahkan, biasanya akan mendapat celaka yang tak di inginkan. Dalam jalannya tari, tubuh para penari biasanya akan dalam keadaan siap menari dengan catatan sehat dan juga akan menjadi media penolak bala oleh para mahluk gaib. Biasanya pula penari pria akan dalam keadaan setengah sadar pada akhir puncak tari. Pada waktu itulah pula penari pria tersebut akan memecahkan mayang pinang sebagai media pengobatan dengan merentak mengelilingi penari perempuan lainnya.

Perlengkapan tari rentak bulian
  1. Bulian : Sejenis rumah rumahan atau pondok untuk tempat ritual
  2. Perapian : Tempat untuk membakar sesaji
  3. Kapur Sirih : Alat untuk membuat balak atau tanda silang
  4. Mayang Pinang : Pohon pinang dan diukir motif melayu
  5. Baju Adat : Untuk dipakai para penari dan pemusik
  6. Alat Musik : Untuk pengiring tari.

Alat Musik Pengiring:
  1. Gong (alat dari besi logam sebagai pengiring ritme langkah kaki penari)
  2. Seruling (alat tiup dari buluh bambu pilihan berlubang tujuh sampai duabelas sebagai tangga nada)
  3. Ketok-ketok (dari sebongkah batang kelapa tua yang berdiameter 30-45 cm, di lubangi menyerupai kentongan pada daerah jawa)
  4. Tambur (gendang besar sebagai bass)
  5. Kerincing pada kaki penari
  6. Gendang


Penyajian tari rentak bulian
Dalam tari Rentak Bulian geraknya monoton dengan motif rentak atau disebut dengan merentak, yaitu menghentak-hentakkan kaki. Kumantan menari diikuti penari-penari yang ada dibelakangnya.
Menyembah guru di Padang (ditempat terbuka)
Gerak menyembah guru Di Padang merupakan gerak yang menggambarkan bahwa mayarakat masih mempercayai hal-hal mistis. Gerak yang dipimpin oleh kumantan yang berada pada barisan paling depan dengan didampingi Bujang Bayu pada sisi kanan dan sisi kiri Kumantan. Bujang bayu membawa pedupaan atau bara dan mayang pinang. Bujang Bayu adalah penari yang ada di sisi kanan dan kiri kumantan




Mengnal Tari Rentak Bulian