Blog ini terkait tentang semua khas nusantara, mulai dari kuliner, budaya, permainan, tradisi, dan lain-lain.

Mengenal Permainan Balap Karung Khas Nusantara

;
Balap Karung adalah salah satu lomba tradisional yang populer pada hari kemerdekaan Indonesia. Sejumlah peserta diwajibkan memasukkan bagian bawah badannya ke dalam karung kemudian berlomba sampai ke garis akhir. Konon, adanya permainan balap karung tidak sejak Indonesia merdeka, melainkan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Waktu itu permainan sering dilalukan oleh anak-anak usia 6-12 tahun pada saat ada acara-acara keramaian atau perayaan di sekolah-sekolah Belanda atau di kampung-kampung. Seiring perkembangan zaman, saat ini permainan juga dilakukan oleh orang dewasa di perkantoran dan pabrik-pabrik untuk ikut memerihkan hari kemerdekaan Indonesia

Permainan balap karung dapat dilakukan secara estafet atau secara individu. Permainan dilakukan secara estafet jika peserta berupa tim. Permainan nan dilakukan secara individu cukup menarik, namun melakukannya secara estafet akan lebih menarik lagi.Tantangannya semakin besar sebab persaingan sengit antar tim niscaya terjadi, hiburannya pun juga semakin besar sebab niscaya banyak ulah lucu nan dilakukan peserta nan meloncat-loncat sekuat tenaga di dalam karung. Anggaran mainnya sebagai berikut:

Apabila permainan dilakukan secara individu, maka setiap peserta akan berlomba berlari atau lebih tepatnya meloncat di dalam karung mulai dari garis start hingga garis finish. Peserta nan mencapai garis finish paling cepat ialah pemenangnya.
Apabila permainan dilakukan oleh tim, maka permaianan balap karung dilakukan secara estafet. Artinya ketika satu pemain telah mencapai garis finish, ia harus berbalik kembali ke garis start, dan setelah ia mencapai garis start akan dilanjutkan oleh pemain kedua menuju garis finish berbalik lagi ke garis start, dan dilanjutkan pemain berikutnya, demikian seterusnya hingga pemain terakhir sukses mencapai garis start nan pertama kalinya..




Mengenal Permainan Balap Karung Khas Nusantara