Blog ini terkait tentang semua khas nusantara, mulai dari kuliner, budaya, permainan, tradisi, dan lain-lain.

Mengenal Tari Cakalele Khas Daerah Maluku

;
Cakalele adalah tarian perang tradisional Maluku yang digunakan untuk menyambut tamu ataupun dalam perayaan adat. Biasanya, tarian ini dibawakan oleh 30 pria dan wanita.Tarian ini dilakukan secara berpasangan dengan iringan musik drum, flute, bia (sejenis musik tiup).  Cakalele merupakan tarian jenis tari perang tradisional yang ada di Maluku. Ditampilkan untuk menyambut tamu ataupun dalam perayaan adat. Biasanya, tarian ini dibawakan oleh 30 pria dan wanita.
Para penari pria biasanya mengenakan parang dan salawaku (perisai) sedangkan penari wanita mengenakan pakaian putih dan menggunakan lenso (sapu tangan). Penari pria mengenakan kostum yang didominasi warna merah dan kuning, serta memakai penutup kepala aluminum yang disisipi dengan bulu putih. Kostum celana merah pada penari pria melambangkan kepahlawanan, keberanian, dan patriotisme rakyat Maluku. 
Dalam sejarahnya tarian cakalele rupanya telah dikenal oleh orang-orang Maluku sebagai sebuah ritual adat yang dilakukan oleh para pendahulu mereka. Gerakan serta makna yang terkandung di dalamnya membuat tarian ini juga dikenal sebagai tari perang dari maluku. Namun demikian pada masa lalu fungsi tarian ini selain disinyalir sebagai ritual penyemangat orang-orang Maluku dalam bertempur di medan perang juga dikenal sebagai sebuah ritual adat yang dipertunjukan pada saat-saat tertentu.
Keistimewaan tarian ini terletak pada tiga fungsi simbolnya, yaitu:
  1. Pakaian berwarna merah pada kostum penari laki-laki, menyimbolkan rasa heroisme terhadap bumi Maluku, serta keberanian dan patriotisme orang Maluku ketika menghadapi perang.
  2. Pedang pada tangan kanan menyimbolkan harga diri warga Maluku yang harus dipertahankan hingga titik darah penghabisan.
  3. Tameng (salawaku) dan teriakan lantang menggelegar pada selingan tarian menyimbolkan gerakan protes terhadap sistem pemerintahan yang dianggap tidak memihak kepada masyarakat




Mengenal Tari Cakalele Khas Daerah Maluku