Blog ini terkait tentang semua khas nusantara, mulai dari kuliner, budaya, permainan, tradisi, dan lain-lain.

Mengenal Permainan Tradisional Pletokan

;
Pletokan adalah nama senjata mainan yang terbuat dari bambu, dan pelurunya terbuat dari kertas yang dibasahkan, atau biji jambu atau kembang. Permainan ini merupakan permainan khas masyarakat Betawi. Pada masyarakat Sunda, mereka menyebut pletokan dengan bebeletokan, sedangkan di Probolinggo dan Madura mereka menyebutnya dengan tor cetoran. sementara di suku Sasak Lombok disebut dengan beledokan. Permainan ini, biasanya dimainkan oleh anak laki-laki berumuran 6-13 tahun.
Peralatan yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah laras bedil berbentuk pipa, tolak, dan peluru. Laras bedil dan tolak terbuat dari bambu, sedangkan peluru bisa terbuat dari kertas yang dibasahi, kembang, atau pentil jambu air. Panjang bedil laras sekitar 30 - 40 cm dengan diameter 1 atau 1,5 cm. Sedangkan tolak memiliki panjang yang lebih untuk pegangan dengan panjang sekitar 10 cm. Tolak terbuat dari batangan belahan bambu yang dihaluskan. Bambu yang dipilih adalah yang kuat dan tua agar tidak cepat pecah. 

==CARA BERMAIN==
memasukan peluru menggunakan tolak sampai ke ujung bedil laras. Setelah itu dimasukkan peluru kedua dan ditolak dengan batang penolak. Peluru yang kedua ini memiliki fungsi ganda. Fungsi pertama adalah sebagai klep pompa untuk menekan peluru pertama yang akan ditembakkan. Kemudian fungsi kedua adalah menjadi peluru yang disiapkan untuk ditembakkan berikutnya. 

Permainan ini dimainkan oleh anak laki-laki berusia 6-13 tahun, dimainkan secara perorangan atau kelompok. Bila dimainkan perorangan biasanya sasaran utamanya adalah binatang berupa serangga-serangga kecil. Sementara, bila dimainkan per kelompok, maka sasaran permainan ini adalah lawan dari kelompok itu. Jadi, gambaran permainan ini seperti bermain tembak-tembakan atau perang-perangan, cuma alat yang digunakan di sini bukan pistol mainan atau sejenisnya melainkan dengan memanfaatkan bambu kecil. 

yupss... demikian artikel singkat tentang permainan tradisional kali. sekedar untuk mengingatkan bahwa masih banyak permainan tradisional khas nusantara yang sarat edukasi.. semoga bermanfaat. 





Mengenal Permainan Tradisional Pletokan